Sabtu, 26 November 2016

thumbnail

Bahasa Pemrograman dan Perannya dalam Kehidupan



Bahasa Pemrograman dan Perannya dalam Kehidupan

A.    Bahasa Pemrograman
Merupakan prosedur/tata cara penulisan program. Pada bahasa pemrograman terdapat dua faktor penting, yaitu sintaks dan semantik. Sintaks adalah aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan. Semantik adalah aturan-aturan untuk menyatakan arti.
Fungsi Bahasa pemrograman adalah sebagai media untuk menyusun dan memahami serta sebagai alat komunikasi antara pemrogram dengan computer.
Berikut adalah Hal-hal penting dalam Bahasa Pemrograman:
1.      Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan. Contoh algoritma di kehidupan sehari-hari adalah buku resep memasak.
2.      Syntax
Syntax adalah aturan menulis ‘kalimat’ agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman. Aturan syntax ini secara baku harus dipenuhi, karena saat proses compilasi setiap baris script akan di-check dan dipastikan apakah Compiler benar- benar mengerti maksud kalimat atau tidak. Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporkan kalo ada bagian kalimat yang dia nggak faham atau istilahnya “error message” dan nggak bakalan meneruskan membikin bytecode-nya.
3.      Interpreter
Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
4.      IDE & OS
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Sedangkan OS adalah adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

B.     Model Pemrograman
1.      Struktural atau Terstruktur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop). Contoh: Pascal, C, Delphi, dll
2.      Object Oriented
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Contoh: Java (J2EE dan J2ME), Phyton.
C.    Peran Bahasa Pemrograman dalam Kehidupan
1.      Jaringan Komputer: Socket Programing
Socket Programming adalah salah satu nilai yang merupakan Network a top down aproach yaitu penekanan kemampuan dan analisis diaplication layer, terutama pada pemrograman beserta juga sumber kode di dalamnya, pada salah satu pemrograman di dalam jaringan komputer dan akan melibatkan banyak konsep dasar di dalam jaringan komputer contoh : Port, socket alamat jaringan atau Ip address. Pemanfaatan aplikasi dan sistem operasi berlisensi open source akan memudahkan minat pembaca untuk memperoleh informasi. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah  C, Java, Python.
2.      Database
Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python).
3.      Internet of Things
Things artinya segala, artinya apapun yang terhubung ke internet termasuk dalam definisi internet of things (IoT). Artinya semua barang fisik yang dapat di-monitor dan dikendalikan dari jarak jauh menggunakan internet adalah IoT.
Dengan prinsip tujuan utama dari IoT sebagai sarana yang memudahkan untuk pengawasan dan pengendalian barang fisik maka konsep IoT ini sangat memungkinkan untuk digunakan hampir pada seluruh kegiatan sehari-hari, mulai dari penggunaan perorangan, perkantoran, rumah sakit, pariwisata, industri, transportasi, konserverasi hewan, pertanian dan peternakan, sampai ke pemerintahan.
4.      Cloud Computing: Platform as a Service
Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web Service, Windows Azure,  bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS. Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.
5.      Intelligent Transportation System (ITS)
ITS adalah sistem yang menggunakan teknologi maju untuk mengoperasikan sistem transportasi darat dengan menghubungkan kendaraan satu sama lain dan infrastrukturnya secara elektronik. Tetapi ITS bukan saja menampilkan inovasi penggunaan teknologi maju, tetapi juga cara melihat transportasi darat itu sendiri.
ITS menggunakan teknologi yang menghubungkan masing-masing kendaraan secara individu dan karakteristiknya dengan jaringan transportasi. Beberapa teknolgi dapat melakukan itu, termasuk alat yang dapat menyentuh kendaraan menggunakan infrastruktur yang khusus di pasang dipinggir jalan (contoh: sinyal komunikasi jarak pendek) atau GPS (Global Positioning System) atau Jaringan telepon selular.  Dengan teknologi ini, selain masing-masing kendaraan dapat memperoleh informasi, informasi ini dapat dikomunikasikan baik dari kendaran ke infrastruktur maupun ke kendaraanlain, untuk mendapatkan gambaran umum tentang status jaringan transportasi.
6.      Parallel Computing
Komputasi paralel merupakan salah satu teknik komputasi, dimana proses komputasinya dilakukan oleh beberapa resources (komputer) yang independen, secara bersamaan. Komputasi paralel biasanya diperlukan pada saat terjadinya pengolahan data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) atau dalam memenuhi proses komputasi yang sangat banyak. Selanjutnya, komputasi paralel ini juga dapat ditemui dalam kasus kalkulasi numerik dalam penyelesaian persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi), dll. Dalam menyelesaikan suatu masalah, komputasi paralel memerlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel.

7.      Bioinformatika dan E-Health
Bioinformatika merupakan kajian yang memadukan disiplin biologi molekul, matematika dan teknik informasi (TI). Ilmu ini didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi molekul. sedangkan E-health adalah e-commerce versi kesehatan: yaitu pemanfaatan bisnis  kesehatan secara elektronik.E-health adalah kombinasi dari pemanfaataan komunikasi elektronik dan teknologi informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun di klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif.

D.    Tips Pemrograman 
Di Dalam ingin membuat suatu program kita harus memahami prosedur atau langkah langkah dalam menentukan tindakan dalam mengeksekusi suatu bahasa pemrograman 

1.   Pahami Algoritma
Dasar membuat suatu program adalah Pahami algoritma. Kita harus menentukan alur spesifik dari program yang ingin kita buat. Algoritma memiliki peran penting agar program tersebut dapat di eksekusi dan dapat menyelesaikan suatu masalah.

2.    Kuasai Syntaks 
Setelah kita paham tentang algoritma selanjutnya kita harus menguasai syntaks. Kita harus teliti dalam menulis syntaks agar tidak terjadi eror dalam eksekusi program.

3.    Pahami model pemrograman (struktural/object oriented)
Pahami alur program yang ingin kita buat sebelumnya kita haru memahami model pemrogram secara struktural atau obejct oriented

4.    Berlatih
Kita harus sering berlatih dalam memahami algoritma, kuasai syntak agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita tanpa ada kesalahan.

5.    Studi Kasus Sehari-hari
Kita harus sering menganalisa sebuah masalah dalam kehidupan sehari hari setelah itu kita tentukan algoritma penyelsaian masalah tersebut. Bagaimana menggunakan syntaksnya, jalan programnya dan akhir programnya.

6.    Aktif dalam Pengembangan (project, open source, github)
Kita harus aktif dalam berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, kita juga akan mampu menguasai dalam pembuatan program. Untuk itu, maka  kita dapat memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita harus ikut aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman, misalnya dalam hal pengembangan project sederhana.

E.      Security
Didalam suatu kebutuhan keamanan itu penting bukan hanya komputer kita yang berbalut dengan keamanan tetapi dalam bahasa pemrograman terdapat keamanan dimana secara umumnya keamaan tersebut berfungsi agar program yang kita buat itu dapat di eksekusi tampa ada erorr.

1.  Kesalahan Algoritma 
Pembuatan algoritma merupaka awal dari membuat suatu program apabila kita tidak paham betul menggunakan algoritma ,maka akan terjadi kesalahan yang membuat program tersebut tidak dapat dieksekusi.

2. Buffer Overflow 
Buffer overflow merupakan serangan yang dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan pada program yang dibuat yaitu memiliki celah untuk dimodifikasi. Serangan buffer overflow sendiri terjadi karena penyerang melakukan input yang berlebihan pada program yang dijalankan sehingga program mengalami kelebihan muatan dan memory tidak dapat Buffer overflow mampu terjadi karena adanya celah kelemahan pada pemrograman terutama pada bahasa pemrograman C dan C++

F.     Tingkat Pemrograman 
Berdasarkan tingkat bahasa pemrograman dibedakan menjadi dua yaitu ;

1.  Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Untuk Bahasa ini dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tampa harus melalui penerjemah(translator). bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, dan relatif sulit dipahami oleh manusia, namun hanya dipahami oleh mesin (komputer). Yang termasuk bahasa tingkat rendah yaitu bahasa assembly. Bahasa mesin adalah ssekumpulan kode biner (0 dan 1).

2.  Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami  atau lebih manusiawi karena secara sintaks dan notasi lebih dekat ke bahasa manusi (bahasa inggris terutama). Bahasa tingkat tinggi tidak langsung dapat dilaksanakan oleh komputer melaikan diterjemah dulu oleh translator atau disebut compiler. Contoh bahasa tingkat tinggi misalnya Pascal, C, C++, Cobol, Basic, Java, dll.



sumber:  
staff.uny.ac.id/sites/default/..../Buku%20Bahasa%20Pemrograman%20Lengkap.pdf
novrina.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/33737/Bahasa+Pemrograman.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Bioinformatika
https://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_computing
https://en.wikipedia.org/wiki/Intelligent_transportation_system
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_of_Things

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Diberdayakan oleh Blogger.